Friday 31 January 2014

Fashion Post: Gaya Berpakaian Zaman Victorian

who else can denied the elegance of a Victorian lady?




Buat gue, ngga ada yang bisa ngalahin keanggunan wanita-wanita di era Victorian. Fashion yang berkembang saat itu sangat anggun dan elegan. Menurut gue mereka sangat memperhatikan kehormatan dari penampilan mereka. Well, itu terbukti dari pakaian-pakaian mereka yang sangat tertutup dan anggun. Ngga kaya busana jaman sekarang yang mengekspose body dengan pakaian-pakaian yang minim, pakaian di era Victorian lebih seperti gaun yang tertutup hingga mata kaki.


pada zaman itu moder gaun bertumpuk atau ruffle sangat 'in' di kalangan wanita-wanita. dan menurut gue itu keren abiss, soalnya walaupun ruffle itu bikin kesan ribet dan gerah, aksen itu bikin si pemakai gaun lebih terlihat anggun dan klasik. Entah kenapa kalo gue ngeliat wanita pake gaun yg ada ruffle nya gue langsung mikir kalo wanita itu adalah wanita terhormat gitu. ciailah. Selain ruffle, aksen yang dipasang di gaun juga biasanya lipatan-lipatan gitu, juga untuk memberikan kesan berlapis pada gaun. Ada juga hiasan renda-renda yang dipasang di gaun. Makin kelihatan klasik dan berkelas kan?






see? lo juga dapet kan feel-nya pas ngeliat lady-lady diatas? kelihatan anggun dan berkelas gitu deh dari baju-baju yang mereka pakai. Selain ruffle, model kerah rendah atau sabrina dan model kerah tinggi juga terkenal di zaman ini.











yah, kira-kira seperti itu lah model kerah yang populer di zaman Victorian. Perempuan-perempuan pada masa itu juga memiliki gaya rambut yang khas, yaitu digelung tinggi atau curly/twist dan tidak menutupi wajah dan telinga. Kebanyakan mereka menggelung tinggi rambutnya untuk menyesuaikan dengan hiasan kepala yang mereka kenakan. Oiya, hiasan kepala juga populer di masa ini, biasanya mereka mengenakan topi, bonnet, jepit permata ataupun pita rambut. Mereka juga biasanya mengenakan sarung tangan atau gloves ataupun membawa aksesoris kecil seperti kipas tangan.

Gaun-gaun di zaman Victorian emang anggun dan elegan banget dan kelihatan sangat sulit untuk dipakai. Well, perempuan di masa itu emang ngga langsung gitu aja pake gaun yang cakep-cakep itu. ada beberapa lapisan pakaian yang harus dipakai sebelum gaunnya.

Yang pertama yaitu corset. Pada tau dong apa itu corset? sejenis kain yang digunakan untuk menekan bagian pinggang agar terlihat lebih kecil dan ramping.



sebelum lady-lady itu pake gaun, mereka terlebih dulu pake corset ini supaya pinggang mereka kelihatan lebih ramping dan gaun yang dipake nanti pun kelihatan lebih indah.

setelah corset mereka juga kadang pake crinoline, yaitu kawat yang bentuknya seperti sangkar. Kalo diperhatiin, ada beberapa gaun mereka yang menonjol ke belakang kan? nah itu karena mereka pake crinoline ini.





Nah, kira-kira seperti itu lah crinoline. Benda ini digunakan setelah corset dan sebelum gaun untuk menonjolkan bagian belakang gaun supaya terlihat lebih anggun dan elegan. Crinoline ada yang dibuat menonjol ke belakang, kesamping, dan bulat melingkar di sekitar tubuh. Ini dimaksudkan supaya gaun mengembang dan bentuk gaun keluar.

Nah, setelah pake kedua benda itu, baru deh gaun dipake.

Warna-warna gotik gelap ataupun pastel populer pada masa ini.

Gaun-gaun pengantinnya pun ngga kalah keren







kalo pakaian pria pada zaman Victorian kira-kira kayak gini



banyak yang pake coat atau jas, kemeja berkerah tinggi, dasi atau scarf di bagian leher, vest dan sepatu pantopel dan biasanya para pria kalau bepergian suka memakai topi tinggi.

Nah, kurang lebih begitulah gaya berpakaian wanita-wanita di zaman Victorian yang sangat tertutup dan rapi. Terlihat anggun dan elegan, bukan? coba bandingkan dengan pakaian zaman sekarang yang serba minim bahan itu. hihi










12 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. .Wwoooww....kliatan elegan 'n berwibawa bgt yaa....
    .psti yg pake gown kyk gt kalangan menengah ke atas... :)

    ReplyDelete
  3. kak, itu pict nya dapat dari mana? your post is so pretty awesome.

    ReplyDelete
  4. dari dulu udah suka sama baju ala victoria

    ReplyDelete
  5. ulasannya bagua. Terimakasih ya.

    ReplyDelete
  6. ulasannya bagua. Terimakasih ya.

    ReplyDelete
  7. bagus banget infonya, tapi aku mau nanya ni, cewe-cewe era victorian kalo pas pake gaun kaya gitu kira-kira bisa duduk gak sih ? soalnya kalo diliat dari gambar di atas kan crinoline nya sampe belakang juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Crinoline cage itu sebenernya dibuat dari bahan yg elastis dan bisa ditekuk2 tapi tetap mempertahankan bentuknya,namanya metal boning. Jadi,tetap bisa dipakai duduk, lari, lompat2, bahkan lewat di jalan sempit sekali pun. Coba lihat di akun youtube priorattire utk lebih jelasnya c:

      -PinkRibbon

      Delete
  8. terima kasih banyak infonya

    ReplyDelete
  9. aku suka pakaian mereka,, kayaknya ngabisin kain bermeter-meter ya buat jahit satu gown...

    ReplyDelete
  10. Barometer fashion women zaman dulu emang serba ribet dan nyusahin ya, meski terlihat anggun.
    Untung nya perempuan masa kini udah free sama outfit yg sedang tren tapi tetep nyaman melekat di tubuh
    Gak kebayang deh, kalo masih hidup di zaman itu 🤔🤔🤔🤔🤔🤔 😁😁😁😁😁

    ReplyDelete
  11. Barometer fashion women zaman dulu emang serba ribet dan nyusahin ya, meski terlihat anggun.
    Untung nya perempuan masa kini udah free sama outfit yg sedang tren tapi tetep nyaman melekat di tubuh
    Gak kebayang deh, kalo masih hidup di zaman itu 🤔🤔🤔🤔🤔🤔 😁😁😁😁😁

    ReplyDelete